Kamis, 14 Oktober 2010

ADAKAH KOTA SUCI UMAT KRISTEN?

KOTA SUCI UMAT KRISTEN?

Secara umum masyarakat mengatakan bahwa kota Yerusalem adalah kota suci bagi tiga agama. Ketiga agama itu adalah :Yudaism, Kristen, dan Islam. Untuk Kristen apakah benar Yerusalem sekarang Kota Suci?

Dulu, Kota Yerusalem dikatakan Kota Suci, karena dikota ini didirikan Bait Allah oleh Raja Salomo. Ide pendirian Rumah Allah ini bukan dari Allah tapi dari manusia ( Raja Daud). Atas perkenan Allah jadilah Bait Allah didirikan oleh Raja Salomo, anak Daud. Umat termasuk Raja, kalau mau bertemu Allah ya di Bait Allh itu. Bahkan dalam hari besar atau Hari Raya Yudaism, semua umat dari seluruh penjuru dunia kalau berdoa ya ketempat itu. Sampai ketika Yesus melayani di bumi pun masih seperti itu.

Namun sejak Allah datang ke Bumi sebagai manusia Yesus, terutama setelah Yesus mati disalipkan, bangkit kembali dan naik ke Sorga, posisinya jadi berubah. Bait Allah bukan lagi Rumah yg didirikan manusia, tapi Bait Allh adalah manusia itu sendiri.

Dalam satu percakapan antara Yesus dengan seorang perempuan samaria Yesus mengatakan, bahwa orang tidak perlu lagi ke gunung (tempat Musa terima Taurat) atau ke Yerusalem untuk berdoa. Yang dibutuhkan Allah adalah berdoa dalam roh dan kebenaran, dimanapun( Yoh.4:21). Karena Allah berada dimana mana. Allah tidak dibatasi oleh ruang dan waktu apalagi oleh Rumah buatan manusia.

Maka sesungguhnya, Kota Yerusalem bukan lagi Kota Suci, khusunya bagi umat percaya (Kristen). Tapi untuk kepentingan bisnis, selalu dikatakan demikian agar orang pergi jiarah.?

Puji Tuhan Halleluayah.

6 komentar:

  1. setuju bgt....

    Sy mau sharing nih...gini,dalam praktek sehari2, untuk kenal dekat dengan seseorang tentunya kita perlu tau siapa orang itu, spt apa latar belakangnya, dimana rumahnya dan spt apa kehidupannya.. itu krn orang lain tsb berada di luar pribadi kita..mgkin ini yg dijadikan alasan byk orang merasa perlu jiarah ke yerusalem yang disebut2 sebagai kota suci....untuk kenal lebih dekat ttg hal2 yang kita imani sebagai orang kristen...
    Menurut saya pribadi, ternyata berbeda..orang kristen tidak perlu jiarah ke kota suci untuk mengenal Yesus krn Yesus selalu ada di dalam pribadi kita yaitu di hati...
    tp bukan berarti gk penting lho ya ke yerusalem.. klo meman Tuhan mengijinkan tentunya sangat indah jika dilakukan.. ;)

    Ini yg saya pikirkan... gmn ya menurut "imanku" ?

    BalasHapus
  2. Kalo tidak dikaitkan dengan keimanan tidak masalah. Tapi sekarang di bisniskan denga mengutip ayat ayat suci. Dengan testimoni seakan akan Imannya lebih bertumbuh setelah ke Yerusalem. Itu kan pembodohan umat.Tuhan Yesus berkata:berbahagialah orang yg percaya walau tidak melihat.Sekarang ada keraguan akan kebenaran alkitab. Apa ya benar? Perlu dibuktikan dg datang ke Palestina. Yg ada sekarang disanan adalah produk parawisata. Semua dikemas supaya orang tertarik berjiarah kesana. Itu kepentingan bisnis Biro Perjalanan. Banyak Pendeta jadi agen biro perjalanan. Rajin mencari ayat ayat alkitab untuk mendukung merekan berbisnis. Kalau mau jalan jalan ok ok saja. Tapi jangan memaksakan diri untuk pergi kesana. Sekarang malah ada lagi yg lebih konyol. Dibabtis lagi di sungai Jordan. Suami Isteri diberkati/diteguhkan lagi di Kana. Makin runyam kan?

    BalasHapus
  3. kemana kisah yesus saat berumur 13 sampai 29 di injil kok hilang???
    yesus itu manusia atau tuhan??
    kapan yesus di potret?siapa tukang potretnya?
    jawablah dengan jujur?

    BalasHapus
  4. kemana kisah yesus saat berumur 13 sampai 29 di injil kok hilang???
    yesus itu manusia atau tuhan??
    kapan yesus di potret?siapa tukang potretnya?
    jawablah dengan jujur?

    BalasHapus
  5. @mencari kebenaran.
    Terimakasih atas kunjungan saudaraku.Atas pertanyaan saudaraku akan saya coba jawab sebisa saya sbb:1)Alkitab memuat hal yang perlu diketahui oleh manusia. Sehingga tidak semua riwayat hidup para tokoh dimuat dari a sampai z.
    2)Yesus adalah 100% manusia dan 100% Allah. Ini memang sulit diterima akal manusia yg terbatas dan fana. Sedangkan Allah adalah Maha Kuasa dan kekal. Akal manusia tidak sanggup mengerti Fikiran Allah.
    3)Yesus tidak pernah dipotert. Lukisan yg beredar sekarang adalah hasil imaginasi seniman. Lukisan tidak berpengaruh terhadap iman kristen/pengikut Yesus. Yang di-imani adalah ajarannya dan perbuatannya yg tiada tara.
    Inilah yang dapat saya berikan. Semoga Roh Kudus menolong saudaraku untuk mengerti. Amin Shalom

    BalasHapus
  6. Tuhan kan telah menebus dosa seluruh umat manusia maka kita sekarang berlomba berbuat dosa toh kita sudah ada yg jamin masuk sorga.....

    BalasHapus