Rabu, 20 Oktober 2010

RENUNGAN RABU 13-10-10

RENUNGAN RABU 13-10-10 ……………..EFESUS 4:28

ORANG YG MENCURII,JANGANLAH IA MENCURI LAGI,TETAPI BAIKLAH IA BEKERJA KERAS DAN MELAKUKAN PEKERJAAN YG BAIK DG TANGANNYA SENDIRI, SUPAYA IA DAPAT MEMBAGIKAN SESUATU KEPADA ORANG YG BERKEKURANGAN”

Ada empat hal yg ditekankan oleh Rasul Paulus dalam ayat ini, sebagai bagian dar unusur unsure karakter manusia baru dimaksud dalam perikop yakni:1)jangan mencuri lagi(dosa),2)bekerja keras,3)pekerjaan yg baik,4)membagikan sesuatu.

1.Mencuri adalah salah satu kelakuan manusi lama yg hidup dalam kegelapan. Hidupa didasarkan nafsu duniawi, yg menghalalkan segala cara untuk mencapai keinginan. Keinginan memiliki dipenuhi dg mencuri milik orang lain. Perbuatab ini dilarang dalam Taurat (cermin moral orang percaya). Juga tidak sesuai dengan hukum kasih. Jadi orang percaya yg sudah menjadi manusia baru jangan lagi mencuri. Manusia baru telah diperbarui dalam roh dan pikiran oleh penebusan Kristus (ayat 23)

2).Bekerja keras adalah suatu hal yg sesuai dengan kehendak Allah. Allah telah menyatakan bahwa manusia akan berpeluh uuntuk memenuhi kebutuhannya (kej 3:19). Jadi kalau orang tidak mau bekerja keras alias malas, dia telah mengingkari kehendak Allah. Allah menyalurkan berkat melalui pekerjaan kita.

3).Pekerjaan yang baik, maksudnya tentulah pekerjaan yg tidak menggangu orang lain dan merusak alam. Manusia diciptakan mempunyai tugas untuk mengolah alam dengan baik. Jadi pekerjaan yg baik adalah pekerjaan yg sesuai dg prinsip pengelolaan dalam rangka memelihara alam dg baik. Jangan merusak lingkungan. Lestarikan lingkungan hidup.(kej.1:28 dankej.3:23)

40.Membagikan sesuatu kepada orang yg berkekurangan.Membagikan sesuatu dari yg kita miliki kepada orang berkekurangan adalah suatu wujudnyata dar kasih akan sesama. Kasih akan sesama merupakan wujudnyata dari Iman. Iman harus diikuti dengan perbuatan(jakobus.2:14-18)

Orang percaya jangan mencuri lagi(berbuat dosa), tapi bekerjalah dg giat melakukan pekerjaan baik dan berbagilah kepada orang yg kekurangan (kasih akan sesama). Glory Halleluyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar