Sabtu, 23 Oktober 2010

RENUNGAN HARIAN

AMSAL 15:32-33

32.SIAPA MENGABAIKAN DIDIKAN,MEMBUANG DIRINYA SENDIRI,TETAPI SIAPA MENDENGARKAN TEGURAN,MEMPEROLEH AKAL BUDI

33.TAKUT AKAN TUHAN ADALAH DIDIKAN YG MENDATANGKAN HIKMAT, DAN KERENDAHAN HATI MENDAHULUI KEHORMATAN.

Amsal adalah hasil monolog sang penulis.Dia mengamati kehidupan dari segala aspek.Hasil pengamatan disimpulkan dalam bentuk sastra yg indah.Kebenaran hasil pengamatan ini diukung kualitas pribadi penulis sebagai orang paling berhikmat.

Jika rumusan dalam dua ayat diatas digabungkan, maka secara ringkas dapat diperoleh kesimpulan sbb:

1)Takut akan Tuhan menjadikan orang mempunyai hidmat

2)Mendengar teguran(kritikan) membuat orang berakal budi (cerdas)

3)Merendah membuat oorang menerima hormat.

1).Takut akan Allh menjadikan orang mempunyai hidmat.

Sumber hidmat adalah Allah. Takaut akan Allah berarti menghormati Allah. Menghormati Allah berarti suka mendengar/membaca Firman Tuhan.Firman Tuhan menjadi kesukaannya. Bahkan merenungkan siang dan malam. Dengan mendengar/membaca dan merenungkan siang dan malam Firman Tuhan maka orang memperoleh hikmat dari Allah.(amsal 1 ayat 7)

2)Mendengar teguran (kritikan) membuat orang berakal budi.

Banyak orang alergi teguran(kritikan). Orang seperti itu sulit mengalami kemajuan. Karena dia menganggap dirinya paling benar. Apa yg dia katakana atau lakukan dikira sudah benar.Padahal belum tentu. Yang dapat melihat secara obyektip adalah orang lain. Seperti pisau, kalau mau tajam harus digosok. Kalau tidak digosok akan tumpul. Begitu jugalah akal budi makin terima teguran(kritikan) akan makin cemerlang.

3)Merendah membuat orang menerima hormat.

Banyak orang mengira bahwa hormat bisa dibeli dengan uang/harta(sangap). Atau dengan jabatan/kekuasaan. Padahal hormat yg diterima seperti itu hanya sementara. Kalau masih punya harta melimpah dihormat orang. Kalau sedang menjabat menerima hortmat. Begitu hartanya pergi, maka hormatnya juga hilang. Begitu tak menjabat lagi tidak ada lagi yg memberi hormat. Tapi merendah akan membuat orang menghormat dengan tulus. Hormat seperti itu akan awet selamanya.(yg merendah akan ditinggikan)

Karena itu, sebagai orang percaya marilah kita Takut akan Allah, agar memperoleh hikmat. Terimalah teguran(kritikan) dg senang hati agar kita makin cerdas berakal budi. Merendah lah selalu agar memperoleh hormat bahakan ditinggikan oleh Allah. Puji Tuhan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar