Kamis, 21 Oktober 2010

RENUNGAN HARIAN

RENUNGAN TGL.22-10-10. 1 TIMOTIUS 4:12B

“JADILAH TELADAN BAGI ORANG PERCAYA,DALAM PERKATAANMU,DALAM TINGKAH LAKUMU, DALAM DALAM KASIHMU. DALAM KESETIAANMU, DAN DALAM KESUCIANMU.”

Timotius adalah salah satu murid hasil pemurid-an para Rasul. Dia sering dibawa oleh Rasul Paulus dalam perjalanannya mengunjungi/membangun jemaat mulamula.Timotius banyak belajar dari Paulus cara cara berbicara, bertingkah laku,mengasihi, hidup setia dan hidup dalam kesucian.

Ketika Timotius ditinggal di Korintus untuk menilik jemaat tersebut mewakili Paulus, maka Paulus perlu mengingatkan dia agar kuat dan tetap dalam hidup menjadi teladan bagi para penatua,diaken maupun jemaat umumnya. Jemaat Korintus dan jemaat lainnya menghadapi pengajaran pengajaran yg tidak sesuai dengan Injil Kristus. Menghadapi situasi itu diperlukan kepemimpinan yg kuat dan teguh dan dapat diteladani.

Menurut Paulus ada beberapa karakter yg harus teguh dipegang dan dilakukan sebagai teladan yaitu:

1.Perkataan : berkata jujur, apa adanya tidak banyak omong, tidak sembrono, sopan santun.

2.Tingkah laku: sopan ,ramah,lemah lembut , rendah hati,tidak sombong,sederhana,lugas.

3.Kasih :panjang sabar,pengertian,peduli sama orang lain, suka menolong, murah hati,

4.Setia :setia pada tugas dan tanggung jawab, setia kawan ,setia pada Kristus Yesus.

5.Kesucian : agar hidup suci, bermoral, tidak mengikuti gaya hidup duniawi.

Keteladanan seperti ini sangat diperlukan dalam kehidupan berjemaat pada akhir zaman ini,kini dan disini. Godaan terhadap orang percaya sekarang ini tidak kalahberat dengan yg dihadapi jemaat mulamula. Godaan kenikmatan duniawi dengan berbagai kemudahannya. Faham individulis, materialistis,dan konsumerism,hedonism. Agar jemaat tidak jatuh kepada halhal tersebut diperlukan keteladanan dari para aktivis gereja. Mulai dari Pendeta, Guru, Penatua,Diaken,dll aktivis gereja.

Sekarang banyak aktivis gereja termasuk pendeta, guru dan penatua yg tidak menjaga cara bicaranya. Bicara tidak sopan, bicara kasar, bicara tidak jujur. Begitu juga tingkah lakukunya. Banyak bertingkah laku baik hanya waktu di gereja. Sepulang dri gereja tidak nampak lagi bedanya antara orang percaya dg masyarakat umum. Demikian juga dalam hal kasih, sudah semakin dingin.Hanya mengasihi diri sendiri> Bagaimana gereja bisa bertumbuh menjadi gereja yang kudus?

Maka sekarang sangat diperlukan keteladanan seperti diminta oleh Rasul Paulus itu.Kalau lima karakter tersebut dapat dipaparkan para aktivis gereja dalam hidup sehari hari maka jemaat akan akan bertumbuh dan berkembang menjadi umat yg kudus dan setia kepada Kristus Yesus.

Jadilah Pemimpin yang menjadi teladan dalam setiap aras/tataran. Teladanilah Kristus Yesus yang telah memberikan keteladanan bagi orang percaya. Semua ucapanNya, perbuatanNya adalah teladan bagi kita. Terpunjilah Tuhan Yesus sang Guru dan Teladan Agung. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar