Rabu, 06 Oktober 2010

RENUNGAN KAMIS 7-10-10

RENUNGAN KAMIS 7=10-10……..1 TESSALONIK 4:4-5

-4.Supaya kamu masing-masing mengambil seorang perempuan menjadi istri sendiri dan hidup dalam pengudusan dan penghormatan.,5.bukan didalam keinginan hawa nafsu, seperti yg dibuat oleh orang orang yg tidak mengenal ALLAH.

Sebelum manusia mengenal (kembali) Allah, sejak jatuh dalam dosa, kehidupan manusia dikuasai oleh hawa nafsu. Nafsu kekuasaan, nafsu harta kekayaan. Nafsu kepuasan sexual. Hubungan sex bebas merajalela dimana-mana. Bahkan perilaku sex menimpang seperti hubungan sex sesama jenis (homosex) sebagaimana dalam kejadian “sodom dan gumora”.

Gaya seperti itu juga terdapat dalam masyarakat Tessalonika. Sebagai jemaat mula-mula yg berada ditengah lingkungan masyarakat yg belum mengenal Allah ,maka jemaat ini rentan akan pengaruh buruk dari lingkungan. Untuk membentengi jemaat yg masih muda ini, maka Rasul Paulus mengirim surat penggembalaan ini.

Menurut Rasul Paulus , agar terhindar dari godaan sex bebas (percabulan), maka setiap lakilaki hendaknya menikah dan hidup kudus. Tidak dikuasi nafsu birahinya lagi. Dan menikah hendaknya hanya dengan satu istri. Karena demikianlah kehendak Allah pencipta, seperti dalam Kej.2:18 . Hal ini ditegaskan pula oleh Tuhan Yesus dalam Mat.19:5-6. Hal serupa juga ditegaskan Rasul Paulus ke jemaat Korint (1 korint:7)

Kondisi masyarakat kita tidak jauh beda dengan masyarakat Tessalonik dalam hal sex. Dimana mana tumbuh bagai jamur penjaja sex (pelacur). Juga masalah hubungan sex sesama jenis seperti lesbian, homo,. Bahkan akhir akhir ini terdengar perilaku sex menimpang lain seperti sodomi, sampai mengorbankan anak anak. (ada yg dibunuh).Disamping praktek polygami.

Firman Tuhan renungan hari ini sangat relevan bagi jemaat kini dan disini. Kita hidup ditengah masyarakat yg heterogen. Heterogen dalam adat istiadat. Heterogen dalam iman kepercayaan. Fasilitas yg lebih memudahkan tindakan sex bebas sangat banyak seperti :hotel,motel,inn dll.

Karena itu agar terhindar dari godaan sex bebas, lakilaki yg dewasa lebih baik menikah dengan seorang perempuan yg dicintai, dan hidup dalam kekudusan. Jauh diri dari risiko tergoda melakukan percabulan,seperti tempat tempat pelacuran. Jauhkan diri dari pergaulan berisiko dg waria.Jauhkan diri dar klabklab malam.

Ini memang tidak mudah ditengah masyarakat majemuk dan post modern ini. Untuk itu banyaklah membaca Firman Tuhan dan mohon pertolongan Roh Kudus agar diberi kekuatan.

Puji Tuhan Halleluyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar