Rabu, 27 Oktober 2010

RENUNGAN HARIAN YEREMIA 4:22

RENUNGAN HARIAN YEREMIA 4:22

“SUNGGUH BODOHLAH UMAT-KU ITU, MEREKA TIDAK MANGENAL AKU. MEREKA ADALAH ANAK ANAK TOLOL DAN TIDAK MEMPUNYAI PENGERTIAN. MEREKA PINTAR UNTUK BERBUAT JAHAT,TETAPI UNTUK BERBUAT BAIK TIDAK TAHU”

Firman ini disampaikan melalui nabi Yeremia yang menunjukkan kemarahan Tuhan kepada umat Israel . Tuhan marah karena pelanggaran mereka atas hukum, dan perintah Tuhan. Mereka dikatakan bodoh, mereka tidak mengenal Allah. Padahal Allah telah berbuat hal dahsyat dalam hidup mereka. Waktu umat Israel keluar dari Mesir Tuhan yg menolong mereka bisa lolos dari kejaran pasukan Firaun. Membelah laut. Memberi makan manna, melindungi dg awan dan tiang api.

Mereka untuk kejahatan pintar, tapi tidak tahu berbuat baik. Hal yang sangat tidak disukai oleh Allah. Mereka sudah berpaling kepada berhala berhala. Mereka tidak takut akan Allah. Padahal takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan. Maka mereka jadi bodoh dan tidak tahu berbuat baik. Karena itu maka Tuhan marah. Tuhan menghajar mereka . Tuhan menggerakkan kerajaan utara Babilonia menaklukkan mereka dan menjajah Israel untuk waktu lama.

Kini, disini, kita umat percaya dapat bercermin kepada kejadian ini. Ternyata Tuhan tidak selalu berlaku manis.Ada kalanya marah apabila kita melanggar hukumNya. Maka itu mari kita tekun mendengar/membaca Firman Tuhan. Kita renungkan siang dan malam. Melalui pendengaran Firman Tuhan, maka kita akanlebih mengenal Tuhan dan kehendakNya.Iman kita semakin bertumbuh.Kita praktekkan dalam hidup sehari hari. Jadilah pendengar dan sekaligus pelaku Firman.

Takutlah Akan Tuhan dan kasihi Dia. Kasihi sesama manusia seperti diri sendiri. Itulah wujud Iman percaya kita pada TuhanYesus Kristus .Tuhan Yesus akan menyertai kita. Tuhan Yesus memberi kekuatan baru setiap hari. Kita menjadi layak dihadapannya pada saat kedatanganNya yang kali kedua. Glory Halleluyah.

15 komentar:

  1. Perumpamaan Tuhan Yesus dalam Lukas 12:16-21 "Orang kaya yang bodoh mempunyai harta yang berlimpah-limpah. Ia berfikir untuk mendirikan lumbung yang lebih besar dan menyimpan segala harta bendanya, kemudian ia berkata kepada jiwanya : “Jiwaku ada padamu banyak barang, tertimbun untuk bertahun-tahun lamanya; beristirahatlah, makanlah, minumlah dan bersenang-senanglah!”
    Tetapi Firman Tuhan datang kepadanya, “Hai engkau orang bodoh, pada malam ini juga jiwamu akan diambil daripada mu, dan apa yang telah kau sediakan, untuk siapakah itu nanti ?”
    Orang kaya yang bodoh ini tidak sadar bahwa ia tidak berkuasa atas hidupnya. Ia sibuk merencanakan segala hal untuk memakmurkan dirinya. Ia sombong, seolah-olah ia dapat melakukan segala sesuatu tanpa Tuhan. Ia congkak, seolah-olah ia yakin bahwa rencananya untuk mendirikan lumbung bagi dirinya pasti akan berhasil Ia tidak melibatkan Tuhan dalam perencanaan hidupnya.

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas masukannya. Benar sekali yang Dewan Koinonia katakan bahwa dalam setiap denyut hidup ini kita harus melibatkan Tuhan, bahkan sejak kita mulai bermimpi.Sekali lagi terima kasih. Harap suka berkunjung lagi memberi masukan agar dapat saling menguatkan

    BalasHapus
  3. YEREMIA 4:22
    “SUNGGUH BODOHLAH UMAT-KU ITU (Umat Allah yg dipimpin yesus), MEREKA TIDAK
    MANGENAL AKU (mereka menganggap Allah sama dengan yesus). MEREKA ADALAH ANAK ANAK TOLOL
    DAN TIDAK MEMPUNYAI PENGERTIAN (mereka ga faham perkataan yesus). MEREKA PINTAR
    UNTUK BERBUAT JAHAT (mereka pintar merubah ayat, merubah ayat adlh perbuatan paling jahat),TETAPI UNTUK BERBUAT BAIK
    TIDAK TAHU ( ketika di kasih kebenaran, mereka tak membalas dengan kebaikan, malah memfitnah )”

    BalasHapus
  4. ini ayat menololkan orang yg menganggab nya tuhan,,,,, padahal dia utusan tuhan yg perkataan dia harus di dengar dan di cermati maksutnya,,,,

    BalasHapus
  5. cobak tunjukkan ayat yg didalam kandungan makna dia menyatakan diri bahwa dia tuhan,,,,,

    BalasHapus
  6. nah maka nya lu jalanin dah tuh hukum" sunat ,ibadah sujud,pake tudung,jangan makan babi,jangan bikin patung 😂
    pantes lu di blg bodoh sama tuhan lu,perintah dia lu langgar seenak pikiran lu pada,sunat lah di blg sunat hati,tudung lah rambut,babi lah jadi halal karena di batalkan,di suruh ibadah nya sujud di blg mengikuti Yesus gak harus mengikuti kebiasaan nya 😂😂
    kan dia teladan elu pada ,masa gak mau lu ikutin,malah lebih ikutin Paulus yg nyuruh ibadah nyanyi" 😂

    BalasHapus
  7. Komentar orang ga paham Alkitab yg spt anda-anda itu. Hahaha.
    Memang Allah marah shg mengecam Yehuda pecahan kerajaan Israrel. Sebab sdh diingatkan utk siaga sebab akan ada serangan musuh dari utara, tapi sama sekali tidak mereka perhatikan. Bahkan mereka meninggalkan Allah dan beribadah kpd Baal.

    Bukan kpd orang yg percaya kpd Tuhan Yesus.
    Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa tuhan minta tolong.... tuhan tuhan jangan kau tinggalkan aku....hari gini nyembah tuhan lemah... hahaha

      Hapus
  8. kalo menurut gua benar seperti yg di sampaikan oleh saudara ORA BEJO, yeremia 4:22 itu bukan hanya khusus untuk pelajaran untuk orang2 israel di zaman Nabi yeremia aja, tapi juga bisa terjadi pada masa masa umatnya yesus. Kenyataannya sekarang banyak yg Bodoh, gak mengenal tuhan yg benar, malah menuhankan manusia pilihan yg di utus tuhan/ nabi Isa/ Yesus. Padahal Bapa (Allah/ YHWH/ELOHIM) adalah Tuhannya Yesus dan Juga Tuhannya semua makhluq yg ada di segenap alam ini. Dengan menyamakan Bapa dgn Yesus ini sama dengan Menghujat Allah/ menyekutukan Allah/ Musyrik. Musyrik inilah kejahatan yg terbesar yg tak dapat diampuni oleh Allah apabila tak sempat bertobat sebelum mati. Kalo dah musyrik( menghujat tuhan). maka segala perbuatanya gak ada yg dinilai baik😦😦😦

    BalasHapus
  9. Iya emang maksud ayat ini ditujukan kepada yg menuhankan Yesus

    BalasHapus
  10. Tau sedikit ngomong byk, ciri2 umat kadrun.

    Umat kadrun jgn diladeni, karena sudah bebal akut, dan tidak suka belajar

    BalasHapus