Kamis, 07 Oktober 2010

RENUNGAN JUMAT 8-10-10

ROM 7:12 :Jadi hukum taurat adalah kudus,dan perintah itu juga kudus,benar dan baik.

Hukum Taurat diberikan oleh Allah melalaui hambaNya Musa ketika bangsa Israel dalam perjalanan keluar dar Mesir menuju” tanah perjanjian “ Kanaan.Hukum ini sangat penting untuk membentengi bangsa ini dari pengaruh agama maupun budaya/tradisi bangsa kafir yang akan mereka temui di kanaan.

Karena Hukum Taurat dan segala perintah itu datang dari Allah yg Mahakudus, Mahabenar, dan Mahabaik,maka pastilah hukum dan perintah itu kudus, benar dan baik. Yang tidak kudus, tidak benar dan tidak baik adalah penafsiran yg dilakukan oleh manusia. Manusia seringkali menafsirkan hukum itu berdasarkan motif dan kepentingan sesaat.

Kita lihat saja seperti kaum Farisi dan ahli Taurat. Mereka sering dikritik oleh Tuhan Yesus karena mereka menafsir hukum itu untuk kepentingan mereka dan merugikan yg lemah. Sampai masa pelayanan Rasul pun hal ini masih terus berlangsung. Masih ada saja yg berusaha menarik “umat percaya” untuk tunduk kepada kungkungan hukum taurat. Bahkan sampai sekarang masih saja ada kelompok seperti itu. Kita harus waspada.

Itu makanya lahir nasehat Rasul Paulus ke Jemaat Rom menegaskan posisi hukum taurat bagi umat percaya yg telah “ditebus” mahal dengan darah Yesus di kayu salib. Karena Tuhan Yesus telah menggenapi hukum taurat dg kedatangannya kedunia sebagai wujud kasih Allah atas manusia, maka manusia telah dimerdekakan dari kutuk taurat. Sudah selesai di bayar di kayu salib.

Tuhan Yesus sendiri telah dengan tegas menyatakan bahwa kedatangannya adalah menggenapi hukum taurat dan segala kitab para nabi.( Mat 5:17-18) dan Lukas 16:16. Tuhan Yesus mengatakan rumusan semua hukum yaitu hukum kasih. Kasihilah Tuhan Allahmu (titah I-IV) dan kasihi sesama manusia (titah V-X).

Bagi umat percaya hukum taurat bukan untuk menyelamatkan, karena sudah selamat oleh Iman kepada Yesus Kristus. Karena sudah selamat , hidup dalam kasih. Ukuran seberapa jauh kita melakukan kasih dalam hidup ,tercermin dari butir butir yg terdapat dalam dasa titah (patik nasampului).(Gal 2:16a dan 3:13a)

Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar