Senin, 22 November 2010

RENUNGAN HARIAN

RENUNGAN HARIA N 2 RAJA-RAJA 5:14

Maka turunlah ia membenamkan dirinya tujuh kali dalam sungai yordan, sesuai dengan perkataan Abdi Allah itu. Lalu pulih lah tubuhnya kembali seperti tubuh seoarang anak dan ia menjadi tahir.

FIRMAN Tuhan ini adalah puncak kisah penyembuhan “Naaman” seorang panglima Raja Aram( yang sedang menjajah bangsa Israel). Naaman seorang panglima kesayangan Raja. Dia menderita penyakit kusta.(ayat 1). Pembantu RT nya wanita Israel menyarankan supaya mintak tolong kepada Nabi Elisa di Israel (ayat 2-3).

Dengan membawa surat Raja, Naaman berangkat ke Israel menemui Raja Israel agar dipertemukan dg Nabi dimaksud.(ayat 5-6). Singkat ceritera Naaman-dg percaya diri sebagai panglima negara penjajah- mendatangi Nabi Elisa.

Diluar dugaan Naaman hanya ditemui oleh “pembantu” Nabi dg pesan agar Naaman mandi tujuhkali di sungai yordan, agar tubuhnya pulih kembali menjadi tahir (ayat 10). Menerima perlakuan seperti itu, Naaman tersinggung.Marah. Apalagi disuruh mandi di sungai yordan. Menurut dia sungai di negerinya jauh lebih baik dari sungai yordan. Dengan jengkel mau kembali ke negerinya.(ayat 11-12)

Tapi para pegawainya menyarankan, demi kesembuhan nya apatah salahnya diikuti petunjuk Nabi itu(ayat 13). Akhirnya Naaman sadar dan mau melaksanakan seperti dalam nats renungan ini, dan di sembuh total.

Dari kisah ini ada beberapa hal yang dapat kita petik untuk kita renungkan antara lain:

1)Seorang PRT juga dapat menjadi “pembawa berita baik”/untuk kemuliaan Tuhan. Apapun professi kita, kita dapat menjadi “pekabar Injil” agar tambah banyak orang yg diselamatkan dan Nama Tuhan di permuliakan.

2)Untuk menerima kesembuhan, Naaman harus merendahkan diri, datang menemui Nabi Elisa. Kalau mau menemui Tuhan, kita harus mengosongkan diri. Kita kecil dihadapan Tuhan. Apapun kedudukan/jabatan kita ,dihadapan Tuhan kita tidak ada apa-apanya.

3)Agar sembuh Naaman harus turuti kata Nabi Elisa:mandi 7 kali di sungai yordan. Untuk mendapat berkat kita harus melakukan kehendak Tuhan sesuai FirmanNya.

4)Yang membuat sembuh Naaman bukan Sungai Yordan, bukan juga Nabi Elisa. Tapi Allah yang memberi kesembuhan, karena Naaman melakukan kehendakNya.Pendeta tidak menyembuhan, kesembuhan hanya oleh Allah Berkat hanya ada pada Allah. Manusia hanya sebagai saluran saja.

Puji Tuhan Halleluyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar