Rabu, 17 November 2010

RENUNGAN HARIAN

RENUNGAN HARIAN AMSAL 22:6

Didiklah orangmuda menurut jalan yg patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak menyimpang dari pada jalan itu”

Ada peribahasa orang Batak begini: somalna do peamna. Kalau bahasa Indonesia yg sepadan begini: bisa ala biasa.Dari kedua peribahasa iini dapat disimpulkan bahwa makin sering melakukan sesuatu hal yg sama, maka makin lancar atau makin sempurnalah perbuatan itu dilakukan.

Penulis amsal menganjurkan agar setiap kita mendidik orang muda menurut jalan yg patut, agar pada masa tuanya pun tidak menyimpang. Kita semua tahu bahwa makin dini pendidikan yg baik diberikan makin mudah dicerna oleh anak didik. Maka dikenal kemudian “gold age” Yaitu usia 3 th kebawah.Pada usia itu didikan sangat menentukan masa depan si anak.

Berarti sejak anak balita kita harus sudah mendidik anak jalan yg patut baginya. Apa itu jalan yang patut? Pertama dan utama tentulah takut akan Tuhan.Karena Takut akan Tuhan adalah awal dari segala pengetahuan. Kedua adalah agar mengasihi sesama, kepedulian sosial. Mau berbagi, tidak egois. Ketiga tentu adalah pengetahuan keterampilan untuk karir/professi.

Banyak orang tua yg tidaj/kurang menyadari hal ini. Yang diajarkan pada anaknya hanya mengejar ilmu untuk professi. Bagaimana menjadi juara kelas, agar nanti bisa ini bisa itu. Agar bisa masuk perguruan tinggi terkenal. Agar bisa nanti jadi pejabat dan sebagainya. Mungkin ya sukses secara duniawai. Tapi gagal dalam rohani.

Banyak menjadi orang yg “egois”. Melakukan tindakan yg melanggar hukum. Jauh dari kehendak Tuhan. Menggadaikan bahkan menjual Imannya demi mencapai sukses dalam pekerjaannya. Kalau jadi pebisnis akan melakukan apa saja untuk memenangkan usahanya dalam persaingan. Mengecewakan Hati Tuhan.

Karena itu saudaraku, mari mulai sekarang kita mendidik anak kita sejak dini. Kita didik “takut akan Tuhan”. Kita didik hidup mengasihi sesama. Tentu dengan menyampaikan Firman Tuhan. Mengikutkan dalam acara saat teduh. Membawa ke “sekolah minggu”. Mendorong ikut persekutuan remaja. Memberi keteladanan hidup.Beri contoh yg baik. Rajin berdoa. Rajin saat teduh.Rajin ke Gereja. Ramah kpd semua orang. Murah hati. Suka berbagi. Sabar. san sebagainya.

Dengan menerima didikan yg benar selama mudanya, maka pada masa tuanyapun tidak akan mengecewakan kita. Dan terutama akan hidup dalam kasih Tuhan. Puji Tuhan Halleluyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar