Rabu, 10 November 2010

RENUNGAN HARIAN

RENUNGAN HARIAN Amsal 29: 17

Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu”

Dari pengamatan Salomo, ternyata pendidikan punya korelasi positip kepada karakter orang. Jika anak memperoleh didikan yang baik/benar dari orangtua, maka anak itu akan berkarakter yang baik. Si anak akan membawa ketenteraman dan sukacita bagi orang tuanya. Itu makanya Salomo menganjurkan dalam amsal ini agar setiap orangtua mendidik anaknya.

Pendidikan adalah suatu proses terus menerus untuk membangun karakter yang baik anak didik. Anak didik menerima pendidikan melalui telinga dan mata. Melalui telinga ia mendengar ajaran verbal. Melalui mata ia melihat teladan yang kita berikan seharihari.

Ajaran verbal berupa aturan/hukum , etika, adat istiadat, terutama Firman Tuhan. Keteladanan merupakan contoh perilaku hidup kita sehari hari yang dia copypaste/tiru. Keteladanan ini meliputi kedisplinan waktu, tutur kata, sikap hormat, praktek mengasihi orang lain, praktek keimanan kepada Tuhan.

Sekarang banyak orang tua kurang melakukan pendidikan yg benar kepada anaknya. Mereka tidak menyediakan waktu untuk memberikan ajaran yg baik. Mereka tidak memberi keteladanan hidup bagaimana pola hidup orang percaya . Akibatnya??? Kecewa mendapati anaknya tidak sesuai harapan. Suka marah, suka tawuran, tidak sopan, suka mabuk, malas belajar, bahkan jatuh dalam narkoba.

Karena itu saudaraku, mari mulai sekarang siapkan anak kita dengan mendidik mereka dg didikan yg benar, antara lain:

a)Ajak mereka membaca/mendengar Firman Tuhan.Iman tumbuh dari pendengaran akan Firman Tuhan.

b).Biasakan melakukan saat teduh bersama, pagi atau malam hari.

c)Bawa dalam persekutuan jemaat: memuji Tuhan dan dengar Firman.Saling menguatkan dan sosialisasi.

d)Berikan keteladanan hidup: ramah pada semua orang, sopan, menghormati org lain, mengasihi ,murah hati,sabar, suka memaafkan, disiplin, menghargai waktu, dlsb.

Dengan melakukan didikan yg benar mereka akan bertumbuh menjadi anak yg berkarakter baik. Mereka akan membawa ketenteraman dalam keluarga. Mereka akan mebawa sukacita bagi orang tua dan masyarakat. Puji Tuhan Halleluyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar