Minggu, 21 November 2010

RENUNGAN HARIAN

RENUNGAN HARIAN MAT. 5: 14

“KAMU ADALAH TERANG DUNIA…………….”

Yang dimaksud dengan terang dunia dalam nats ini tentulah bukan dalam artian fisik. Karena kalau fisik sudah ada Matahari, bulan dan bintang. Hasil karya manusia juga sudah ada listrik yang membuat malam jadi terang benderang. Terutama di kota kota besar. Walau kadang ada masanya “pyarpet”.

Dimaksud dengan “terang dunia” adakah dalam arti kejiwaan/ rohani. Karena dunia ini masih diliputi oleh “kegelapan” . Kegelapan yg diakibatkan oleh dosa. Banyak orang tidak tahu mana “yang baik” dan mana “yang buruk”. Ibarat orang dalam perjalanan malam hari tanpa penerangan apapun. Sungguh gelap. Taka tahu arah jalan yg mau ditempuh. Tak bisa lihat ada lobang.

Karena itu saudaraku yg budiman, Tuhan Yesus minta kepda kita , selaku terang dunia, jangan tersembuni. Kita harus menampakkan diri. Kita harus dilihat semua orang sekitar kita. Ibarat kota dibukit, dapat dilihat dari sekitar. Harus seperti pelita ditempatkan diatas kaki dian agar menerangi semua orang( ayat 15)

Dengan demikian lingkungan sekitar dapat melihat dengan jelas perbuatan baik kita. Perbuatan baik itu akan menjadi contoh bagi sekitar.Menjadi teladan bagi mereka untuk berbuat baik juga. Kalau kita ramah, mereka akan ramah. Kita murah hati, mereka akan murah hati, Kita ringan tangan, mereka akan ikut ringan tangan. Kita hidup dalam kasih, maka mereka dapat hidup dalam kasih.

Kita tidak boleh sama dengan dunia ini. Kita selaku orang "ber-Iman" harus tampil beda. Buah buah roh harus jelas namapak dalam kehidupan kita setiap hari. Buah roh adalah kasih, panjang sabar,murah hati, tidak cemburu/iri, tidak dengki, peduli kepada sesama, tidak egois, dan lain sebagainya.

Mereka yang melihat perbuatan baik kita, akan tertarik ingin tahu dan lebih kenal dengan Allah yang kita sembah.Sehingga, nama Bapa kita di sorga akan dipermuliakan .(ayat 16). Dengan bimbingan Roh Kudus akan semakin banyak orang menerima Tuhan Yesus Kristus menjadi Tuhan dan Juru Selamat mereka . Jadilah Terang Dunia. Glory Halleluyah. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar