Minggu, 07 November 2010

RENUNGAN HARIAN

RENUNGAN HARIAN MAT.28;19-20

‘….JADIKANLAH SEMUA BANGSA MURIDKU …..DAN AJARLAH MEREKA MELAKUKAN SEGALA SESUATU YANG TELAH KUPERINTAHKAN…….”

Ketika pekerjaan pembangunan jembatan “suramadu” dilakukan seseorang mengajukan pertanyaan kepada 3 orang tukang. Pertanyaannya sama. Jawaban yg diterima ternyata berbeda. Pertanyaanya begini: “ Bapak sedang ngapain”.

Tukang 1, sambil berfikir”sudah lihat ko tanya?”: sedang pasang pondasi mas. Bapak ini bicara apa adanya. Jujur dan Realistis,memang mereka sedang pasang pondasi jembatan.

Tukang 2 menjawab sambil seka keringat: lagi cari nafkah untuk anak isteri Mas katanya. Dia menjawab sambil bayangkan anak isteri menunggu uang hasil kerjanya untuk biaya hidup. Jujur, realistis dan pragmatis. Dia memang bekerja demi mendapat upah guna menafkahi keluarga.

Tukang 3, sambil memandang jauh menyeberang laut, berkata: kami sedang membangun jembatan raksasa yang memudahkan perhubungan masyarakat dari Madura-Surabaya dan sebaliknya. Jawaban yang memandang jauh kedepan. Jawaban yang idealistis. Dia tidak sekedar pasang pondasi. Tidak sekedar cari nafkah. Tapi sadar bahwa betapapun kecilnya peranannya, berguna untuk suatu hal yg besar bagi masyarakat.

Begitulah yang dilakukan para Murid Yesus pada awalnya.Mereka tidak sekedar bekerja. Apalagi untuk cari nafkah. Mereka bekerja atas dasar idealis. Idealisnya membangun kerajaan Allah di bumi. Membawa kabar keselamatan bagi semua orang yg mau percaya.

Masing masing mereka berbuat sesuatu menurut talenta yg mereka miliki untuk mendatangkan “kerajaan Allah” di bumi. Dari 12 murid pada awalnya, sekarang sudah menjadi jutaan murid disegala penjuru dunia.

Kita diajarkan berdoa:……..datanglha KerjaanMU……dst. Yang melaksanakan pekerjaan itu adalah kita sebagai “tubuh Kristus”. Tuhan menyetai dan memberkati. Sudah kah kita ambil bagian dalam mendatangkan kerajaanNya?. Sekecil apapun talenta yang kita miliki, itu kita persebahkan untuk Tuhan. Tidak ada yg terlalu kecil untuk pekerjaan Tuhan. Semua dapat dipakai Tuhan untuk meluaskan kerajaannya. Mau?????..........................

Kiranya Tuhan menolong kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar