Kamis, 11 November 2010

RENUNGAN HARIAN

RENUNGAN HARIAN KEJ.18:19

“Sebab AKU telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada anak-anaknya dan kepada keturunannya, supaya tetap hidup menurut jalan yg ditunjukkan TUHAN, dengan melakukan kebenaran dan keadilan dan supaya TUHAN memenuhi kepada Abraham apa yg dijanjikanNYA”.

Ayat renungan ini adalah bagian dari perikop “doa syafaat Abraham untuk Sodom” yg akan dihukum oleh ALLAH. Dan merupakan “monolog” Allah (tritunggal) mengenai perlu tidaknya rencana penghukuman sodom diberitahukan kepada Abraham.(ayat 17-18)

Akhirnya memang Allah memberitahukan.(ayat 20-21). Dalam monolog tersebut terdapat unusur unsur pertimbangan dan maksud ALLAH memberitahu Abraham akan rencana itu yakni:

1.Tuhan telah memilih Abraham jadi moyang bangsa yg besar,diberkati dan memberkati bangsabangsa.

2.Agar Abraham tahu alasan penghukuman dan akibatnya

3.Supaya Abraham memerintahkan anak-anaknya dan keturunannya hidup dalam jalan TUHAN.

4.Hidup dalam jalan TUHAN berarti melakukan kebenaran dan keadilan.

5.Memenuhi janji ALLAH kepada Abraham.

Saudaraku yg kekasih dalam Tuhan Yesus. Abraham dipilih dan diberkati untuk menjadi berkat bagi bangsa bangsda. Kita sebagai umat percaya yg ditebus dg harga sangat mahal “darah Yesus” dipanggil dan diberkati agar menjadi berkat. Sudah kah kita menjadi berkat? Kalau belum ayo segera kita berubah agar kita menjadi berkat bagi orang lain.

Abraham tahu alasan penghukuman Sodom dari Allah dalam dialognya dg Allah. Kita mengetahui hukum “tabur tuai” dari Firman Tuhan dalam Alkitab. Mari kita dalami pengetahuan kita atas isi Alkitab agar kita makin tuhu kehendak Tuhan.

Abraham diminta memerintahkan anak dan keturunannya melaksanakan Firman Tuhan. Kita umat percaya diminta oleh Tuhan Yesus mengikuti ajarannya dan mengajarkan demikian kepada anak dan keturunan kita.Sudahkah kita lakukan?

Hidup dalam jalan Tuhan berarti melakukan kebenaran dan keadilan. Kaum Farisi yg ahli hukum Taurat dicela Tuhan Yesus karena mereka paham jalan Tuhan tapi tidak melakukan kebenaran dan keadilan. Iman itu harus membuahkan kebenaran dan keadilan. Bukti Iman adalah perbuatan.Sudahkah kita berbuah? Pohon yg tidak berbuah akan ditebang lo.!

Allah memenuhi janji kepada Abraham. Tuhan Yesus pun memenuhi janji kepada umat percaya. DIA akan tetap menyertai umatnya sampai dangan kesudahan dunia.Dia telah mencurahkan ROHKUDUS sesuai janjiNYA.Apakah kita setia memnuhi janji kita? Setia pd janji pernikahan?. Memenuhi janji ketika anak kita di baptis?

Karena itu Saudaraku, marilah tekun dalam pengajaran Firman Tuhan. Iman bertumbuh dari pendengaran Firman Tuhan. Dengan begitu kita akan bertumbuh dan diubahkan menjadi manusia “ciptaan baru”. Dan berbuah kebenaran dan keadilan. Tuhan setia atas janjiNYA. Puji Tuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar