Rabu, 29 September 2010

RENUNGAN ULANGAN 22:5

RENUNGAN ULANGAN DUADUA AYAT LIMA

Fungsi utama pakaian adalah menutupi ketelanjangan. Pakaian pertama kali digunakan menurut Alkitab adalah ketika Adam dan Hawa telah memakan buah terlarang. Mereka lalu menyadari ketelanjangannya, sehingga timbul rasa malu. Allah lalu menciptakan pakaian dari bahan kulit binatang dan memakaikannya kepada Adam dan Hawa.(kej.3:21). Hanya tidak dijelaskan apakah ada perbedaan yang mendasar antara pakain lakilaki dg pakaian perempuan.

Dalam perkembangan pengetahuan dan budaya manusia, ditemukan bahan pakaian diluar kulit binatang seperti dari kulit kayu, kapas ,sutera dll. Model pakaian juga berbedabeda antara satu wilayah dg wilayah lain akibat kondisi alam yg berbeda. Juga perbedaan dipengaruhi oleh adat istiadat dan budaya. Begitu juga fungsinya tidak hanya sekedar menutupi ketelanjangan, tapi meluas antara lain, pakaian kebesaran, pakaian imam, pakaian lelaki dan pakaian perempuan.

Didalam masyarakat Yahudi yg telah banyak dipengaruhi budaya Mesir selama mereka dalam pembuangan di negeri tersebut, diperlukan aturan yg keras untuk menegakkan moral rakyat bangsa itu. Karena banyak kasus pelanggaran sex, maka dibuat ancaman hukuman yg keras, yakni hukuman mati dilempari dg batu bagi pelaku. Salah satu aspek yg mempengaruhi tindak kekerasan sex adalah tata cara berpakaian, maka perlu diatur dg ketat

Pada perkembangan dalam zaman post modern sekarang ini, soal model pakaian tidak terlalu ketat lagi, terutama di negara maju. Tatacara berpakaian sudah lebih bebas. Perempuan sudah jamak memakai celana, yg tadinya hanya dipakai leh lakilaki. Namun demikian masih tetap harus dijaga agar jangan sampai melampaui batas, karena dapat berpengaruh pada kejiwaan.

Aspek pengaruh kejiwaan in yg paling menonjol sekarang ini, dimana karena lakilaki memakai pakaian perempuan, dia akan berperilaku seperti perempuan.(waria) Begitu juga sebaliknya, perempuan yg suka berpakain lakilaki akan berperilaku seperti lakilaki. Ini mendorong kelalinan sexual. Dan perilaku sexual demikian melanggar kehendak Allah. Karena itu mari kita jaga agar masalah penimpangan kejiwaan ini dapat kita cegah dengan tetap menjaga berpakaian yg pantas untuk lakilaki dan untuk perempuan.

Puji Tuhan halleluyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar