Rabu, 22 September 2010

KEPUTUSAN ADA DITANGAN ANDA

Setiap tindakan selalu didahului dengan satu keputusan. Sedangkan keputusan selalu didahului oleh pilihan atas berbagai alternative. Pilihan mana yang diambil dipengaruhi oleh berbagai pertimbangan. Pertimbangan yang paling dominan adalah “kepentingan”. Kata para sosiolog, sikap seseorang ditentukan oleh kepentingannya?

Didalam proses pengambilan keputusan, anda diberi “kemerdekaan penuh”. Allah sang pencipta memang memberikan kemerdekaan bagi manusia untuk menentukan pilihannya. Manusia tidak diciptakan bagai robot. Manusia diberi “free will”, bebas berkeinginan. Iblis juga tidak punya kuasa untuk mendikte manusia dalam menetukan pilihannya.

Kita lihat contoh peristiwa Hawa ketika memutuskan untuk memakan buah pohon yang dilarang oleh Tuhan. Tuhan tidak memaksa. Tuhan hanya membuat aturan, jika dimakan akan membawa “kematian”. Si Ular Tua datang dengan tipu muslihatnya. Karena Hawa lebih suka (kepentingan)menjadi “sama dengan Allah” maka dia pilih untuk memakan. Ketika Allah menanyakan hal dia memakan buah terlarang, maka manusia mencari kambing hitam.(kej 3.)

Begitu juga ketika Kain mau membunuh Habel, Tuhan sudah mengingatkan, bahwa dosa sudah mengintip dia, tetapi Kain tidak perduli, dia tetap mengikuti panas hatinya dan membunuh adiknya Habel (Kej,4)

Begitulah dari semula Iblis selalu berusaha mempengaruhi manusia dengan berbagai tipu muslihat supaya makin banyak orang jatuh dalam dosa. Lalu bagaimana cara agar kita tidak terpengaruh oleh tipu daya si Iblis?

Tuhan Yesus sudah kasi contoh. Ketika selesai puasa 40 hari, Iblis mencobai. Tuhan Yesus menjawab:ada tertulis……. Maka kitapun harus menghadapi si Iblis dengan Firman Tuhan.Tuhan Yesus juga mengatakan: sebab dimana hartamu (kepentingan), disitulah hatimu.

Maka kita harus memastikan bahwa mencintai Tuhan adalah yang utama dalam hidup kita. Agar cinta kita kepada Tuhan makin menyalanyala, kita harus banyak baca/dengar Firman Tuhan. Dengan semakin Cinta Tuhan maka pilihan kita pun akan selalu dilandasi hal ini.Sehingga keputusan yangkita ambil adalah yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Glory Halleluayh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar