Minggu, 05 September 2010

PANJANG SABAR

Semua orang dapat bicara soal kasih, tapi melaksanakannya? belum tentu.
Semua orang dapat ngomong bahwa dia mengasihi sesama, buktinya? belum nampak.
Apakah kasih cukup dengan perkataan? tentu tidak, harus dengan perbuatan.
Apakah kasih itu cukup dengan pemberian materi? tidak. Yang tidak punya rasa kasih pun bisa memberi pemberian materi.

Salah satu unsur dalam nilai kasih adalah "panjang sabar" sebagaimana dikatakan oleh Rasul Paulus dalam suratnya ke Jemaat Korintus yang pertama psl 14 ayat 4 dan 5.(1 kor.13:4-5)

Kamus Umum Bahasa Indonesia memberi arti kata "sabar" meliputi:tahan cobaan(tidak lekas marah, tidak lekas putus asa,tidak lekas patah hati.) tabah, tenang tidak tergesagesa, tidak terburu nafsu.

Dengan pengertian itu, maka orang yang panjang sabar adalah orang yang tidak cepat marah.
Bisa dilihat misalnya, ketika mendapati anaknya melanggar aturan yang telah disepakati, apakah seorang ortu langsung marah?. Kalau ya, dia tidak panjang sabar, yang berarti juga dia tidak cukup punya kasih.

Seorang suami yang marahmarah ketika mendapati situasi atau kondisi keluarganya tidak sesuai dengan harapannya, menunjukkan bahwa dia belum cukup punya kasih.

Begitu juga misalnya ketika seseorang yang kenderaannya kesenggol oleh kenderaan pihak lain,
langsung marah, pertanda bahwa orang itu belum cukup kasih.

Karena itu marilah kita melatih kesabaran kita dalam menghadapi segala situasi dan kondisi dan kepada siapa saja, agar tingkat kesabaran kita makin tinggi.Redam amarah kita. Tidak soal apa professi kita. Tidak soal kedudukan sosial kita. Semua orang percaya harus melakukannya agar nama Tuhan dipermuliakan.

Caranya? Ya dengan menurunkan tingkat egois (menyangkal diri-sebagaimana TuhanYesus ajarkan).Tentu dengan banyak baca Firman dan berdoa juga agar Roh Kudus menolong kita dalam penyangkalan diri. Demgan makin tinggi tingkat kesabaran kita, makin mulialah nama Tuhan kita .

Iman adalah perbuatan kasih, kasih kepada sesama manusia. Maka sabarlah atas segala sesuatu dan kepada siapa saja. Halleluyah.

4 komentar:

  1. Memang bener sih, kalo kita menjadi orang yang penyabar, maka semua hal akan terasa tentram dan damai. :)

    BalasHapus
  2. Terimakasih. Kesabaran itu perlu dilatih dari sehari kesehari.Makin lama dilatih akan makin tinggi tingkat kesabaran kita. Mari kita melatih,demi kasih dan iman kita.
    Tuhan Yesus akan menolong kita.amin

    BalasHapus
  3. sabar... 1 kata tp memiliki makna dan manfaat yg sgt luas... tp susah untuk menjadi sabar apalg sabar yg disertai ikhlas...lebih sulit lg...

    sebagai manusia, kadang ada yg blg bahwa ada batas dari kesabaran..gimana ya klo seandainya kita sudah sabaaaarrrr terus tp ya tetep di sakiti dng sesuatu ataupun seseorang yg sama... kan susah nih buat sabar terus... apa donk yg harus dilakukan..

    BalasHapus
  4. karena ini menyangkut iman, maka disamping keinginan untuk melatih kesabaran, perlu dan harus dengan doa mintak pertolongan dan bimbingan ROHKUDUS agar mampu bertahan,selamat berusaha, Tuhan menolong, amin

    BalasHapus