Sabtu, 17 Juli 2010

iman itu harus dibangun

Setiap orang masingmasing memiliki iman yang dianugrahkan oleh ALLAH TUHAN yang mahakuasa. namun agar iman itu bertumbuh menjadi lebih kuat dan dewasa, perlu diberi makanan iman, yaitu FIRMAN.

Firman adalah sabda ALLAH yang terdapat dalam kitab suci, yang penulisannya diilhami oleh ROHKUDUS. Melalui hamba hambaNYA ALLAH menyamapaikan FIRMAN yang menjadi tuntunan bagi umat dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dibumi ini. Baik dalam relasi manusia dengan CHALIKNYA maupun dalam relasi antar manusia.

Selama manusia berada dalam dunia, ia akan mengadapi berbagai masalah, yang dapat mengakibatkan berbagai konsekuensi. Konsekuensi yang diperoleh bergantung kepada sikap dan tindakan yang dia ambil sebagai solusi atas masalah yg dia hadapi.

Sikap dan tindakan yang diambil banyak dipengaruhi iman dari orang yang bersangkutan. Semakin dewasa/kuat imannya akan semakin positip sikap dan tindakan yang diambil, sehingga dampak dari tindakannya pun akan bersifat positip. Dan sebaliknya jika imannya masih lemah akan lemah pula sikap dan tindakannya sehingga cenderung negatip.

Karena itu setiap insan perlu setiap hari makan makanan rohani berupa FIRMAN TUHAN agar IMAN nya bertumbuh dan tambah kuat sehingga dapat bersikap dan bertindak positip didalam menghadapi setiap masalah. Dengan begitu dia akan dapat menyumbang sesuatu yang baik bagi masyarakat, bangsa dan negaranya.

3 komentar:

  1. Sedikit memberikan sumbangan tulisan ya... ;)

    Beberapa hal tentang iman:

    1. Baca: Ibrani 11
    Maka iman adalah abstract yang merupakan cermin fakta dari agama dan tuntutan kepada kita sebagai pengikut Yesus.
    Saat ini, malah banyak pengikut Yesus yang imannya tergantung kepada mujizat, yang sangat mengelu-elukan mujizat yang "ditampilkan" oleh penggembalanya.

    2. Iman tanpa perbuatan adalah mati. Kata lain: iman yang tidak berguna. ^.^

    3. Iman sekecil biji sesawi dapat memindahkan gunung.
    Apabila kita memiliki iman kepada Yesus, maka segala beban dalam hidup seberat apapun tidak akan menggoyahkan kita, karena dengan iman kita menyerahkan segala beban kita hanya kepada Yesus dan Tuhan pun tidak akan memberikan beban yang tidak bisa kita tanggung. Intinya adalah beriman dan berserah.

    4. Teladan iman yang terbaik menurut saya adalah Yesus. Salah satunya adalah saat Yesus membangkitkan Lazarus, karena Yesus membangkitkan Lazarus tanpa kontak apa pun, tidak disentuh, tidak dilihat. Hanya dengan kata-kata (Firman) dan iman yang luar biasa, Yesus memerintahkan Lazarus untuk keluar dari kubur batunya. Ini adalah iman yang sungguh luar biasa dari Tuhan Yesus kepada Bapa-Nya di Sorga.

    BalasHapus
  2. betul sekali. Iman agar bertumbuh menjadi kuat, harus diberi makan yaitu FIRMAN TUHAN yang ada dalam Kitab Suci Alkitab. Jadi kita sebaiknya baca Alkitab/Injil setiap hari.

    BalasHapus
  3. Shalom untuk bapak, ibu, saudara/i semua. Mari kita bersama-sama belajar membaca Shema Yisrael yang pernah dikutip oleh Yesus ( nama IbraniNya Yeshua/ ישוע ) di dalam Injil, yang dapat kita lihat di Markus 12 : 28 yang berasal dari Ulangan 6 : 4. Kalimat Shema Yisrael ini biasa diucapkan oleh orang Yahudi dalam setiap ibadah untuk mengungkapkan iman kepada satu Tuhan yang berdaulat dalam kehidupan mereka dan pada awalnya pun orang-orang yang percaya kepada Yesus dari bangsa-bangsa bukan Yahudi juga ikut serta dalam ibadah orang Yahudi di sinagoga.

    Tanpa bermaksud untuk menyangkali keberadaan Bapa, Anak dan Roh Kudus yang juga telah berulangkali diungkapkan dalam Perjanjian Baru, berikut ini Shema Yisrael dengan huruf Ibrani dan cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa yang ada

    Huruf Ibrani, "שְׁמַ֖ע יִשְׂרָאֵ֑ל יְהֹוָ֥ה אֱלֹהֵ֖ינוּ יְהֹוָ֥ה ׀ אֶחָֽד "

    Cara membacanya, " Shema Yisrael YHWH ( Adonai ) Eloheinu YHWH ( Adonai ) ekhad "

    Dilanjutkan dengan mengucap berkat

    Huruf Ibrani, " בָּרוּךְ שֵׁם כְּבוֹד מַלְכוּתוֹ לְעוֹלָם וָעֶד "

    Cara membacanya, " Barukh Shem kevod, malkuto le'olam va'ed "

    ( Diberkatilah Nama yang mulia, KerajaanNya untuk selama-lamanya )

    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜🕯️🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🕍✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🐏🐑🐐🐂🐎🦌🐪🐫🦁🦅🕊️🐍₪🇮🇱

    BalasHapus