Selasa, 14 Desember 2010

RENUNGAN HARIAN

RENUNGAN HARIAN YOH.15:16

“Bukan kamu yg memilih AKU,tetapi AKU lah yg memilih kamu….”

Dalam nats renungan ini ada beberapa pokok pikiran yaitu: 1)dipilih, 2)ditetapkan, 3) supaya pergi, 4)berbuah,5)meminta apa saja.

Banyak diantara kita sekarang ini sering hanya pegang butir ke 5, yaitu minta apa saja dalam nama Yesus akan mendapat. Padahal menurut Firman ini ada syaratnya.

Pertama>Dipilih.Kita haruslah orang yg dipilih oleh Tuhan. Karena ada Firman yg berkata “banyak yg terpanggil tapi sedikit yg terpilih”. Maka kita berdoalah agar kita termasuk yg dipilih.

Kedua> Ditetapkan. Setelah dipilih kita ditetapkan untuk menjadi sesuatu. Job kita apa. Tugas kita dalam pelayanan harus jelas. Apa jadi Pendeta, atau Guru Injil,Evangelis. Diaken, Pimpinan Koor. Guru Sekolah Minggu. Pemusik, Song leader, atau apa saja yg perlu kita jalankan.

Ketiga>Pergi. Artinya kita harus bergerak. Tidak berpangku tangan. Harus berbuat sesuaim dg “tugas” yg telah ditetapkan untuk kita.

Keempat>Berbuah dan buahnya tetap. Berarti pelayanan kita harus lah menghasilkan buah. Buah rohani yg dapat dilihat dalam hidup kita sehari hari: kasih, murah hati, panjang sabar, peduli org lain, tidak egois dsb. Dan berbuah secara konsisten. Tidak kadang kala.Tidak “panas panas tai ayam”. Tetap sampai akhir.

Kelima>minta apa saja. Kalau hidup kita sudah berbuah, maka Tuhan berjanji, apa saja yg kita minta kepada Bapa dalam nama Tuhan Yesus akan dikabulkan.

Karena itu saudarak ku, marilah kita berdoa agar kita “dipilih”, “ditetapkan”.lalu kita “pergi” dan “berbuah”, agar doa permintaan kita “dikabulkan”.

Glory Halleluyah.

1 komentar:

  1. Pemilihan Allah kepada kita tidak ada sedikitpun andil kita agar kita dipilih. Pemilihan Allah kepada kita murni pemilihan Allah yang kita sebut sebagai anugerah/grace.

    Silahkan baca Efesus 1:4-5 dan 2:8-9
    1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.
    1:5 Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya,
    2:8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,
    2:9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

    Mari kita juga bandingkan dengan ayat-ayat berikut ini:
    Yesaya 44:2 Beginilah firman TUHAN yang menjadikan engkau, yang membentuk engkau sejak dari kandungan dan yang menolong engkau: Janganlah takut, hai hamba-Ku Yakub, dan hai Yesyurun, yang telah Kupilih!

    Yeremia 1:5 "Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa."

    BalasHapus